Situs Kabuki

Posted: 29 November 2008 in BUDAYA DUNIA, BUDAYA JEPANG, Kabuki
Tag:
Walaupun hanya sedikit situs tentang kabuki yang ditulis dalam bahasa Inggris, anda bisa mendapatkan referensi tentang kabuki di situs Wikipedia dan situs milik peneliti perorangan atau Pusat Studi Kebudayaan Jepang dari berbagai universitas.
Situs Berbahasa Inggris

Informasi yang komprehensif tentang kabuki (sejarah, struktur panggung, tata pertunjukan, judul-judl terkenal dalam drama kabuki, dan lain-lain) bisa anda dapatkan dalam artikel tentang “kabuki” di situs “Wikipedia”.

“Kabuki21” , adalah situs yang dibuat oleh Syooriya Aragorou. Situs ini menjelaskan berbagai hal tentang kabuki secara detail dalam bahasa Inggris. Di sini ada base tentang judul-judul drama dalam kabuki dan pemain-pemain kabuki terkenal, yang disusun berdasarkan abjad, beserta penjelasannya. Ada juga ulasan yang cukup berbobot, seperti tentang Ejima Ikujima yang sering diangkat sebagai tema film dan drama.

Selain itu ada juga situs “Kabuki” , yang berisikan kumpulan berbagai tautan tentang Jepang. Situs ini  dikelola oleh Universitas Stanford, yang menfasilitasi Stanford Japan Center. Dalam situs tersebut terdapat tautan ke situs “Kabuki for EVERYONE” , situs pemain kabuki ICHIMURA Manjirou . Situs ini menampilkan serangkaian gambar menarik tentang tahapan perubahan rias wajah seorang aktor laki-laki yang hendak memainkan peran perempuan.

“KABUKI-ZA” , gedung teater yang dikelola oleh perusahaan bandar kabuki Shochiku juga mempunyai halaman bahasa Inggris yang di dalamnya terdapat jadwal pertunjukan kabuki. “KABUKI PAVILLION” menampilkan info bermanfaat bagi pemain kabuki pemula seperti memperlihatkan secara visual urutan rias wajah. Selain itu, di situs “The world of sound”,  di bagian “Let’s take a look at the world of KABUKI”, anda bisa mendengarkan bagian awal Nagauta, Takemoto, Kiyomoto, Tokiwazu dsb. Situs ini sangat patut dikunungi. Namun, masih agak sulit untuk mengikuti tur virtual kabuki-zan, karena fungsi plug-in masih belum berjalan dengan baik (saat ini sedang coba diperbaiki oleh pengelola situs Kabuki-za).

Situs BerbahasaJepang

Ulasan umum tentang kabuki bisa didapatkan secara detail di halaman “kabuki” berbahasa Jepang di “Wikipedia”. Anda bisa menonton video kabuki untuk pemula di “Cultural Digital Library” (bahasa Jepang) yang dikelola oleh yayasan asosiasi pembangunan seni dan budaya Jepang yang didirikan oleh Badan Kebudayaan Jepang. Video ini ditayangkan juga di Gedung Informasi Seni Rakyat Tradisional di Tokyo, namun karena hak ciptanya dilindungi, hanya diperkenankan penayangannya di lembaga pendidikan seperti sekolah dan lain-lain. Di situs ini anda bisa mencari data tentang pertunjukan kabuki, juga pengetahuan dasar tentang kabuki secara visual. Di bagian “bahan pelajaran seni pertunjukan 2”, terdapat penjelasan detail untuk 4 judul drama kabuki yaitu “ Sugawara Denju Tenarai Kagami” , “Yoshitsune Senbon Zakura” , “Kanatehon Chuushingura” dan “Imoseyama Fujo Teikun” .

Di “Sistem Pembacaan Ukiyoe” yang terdapat dalam situs “ Museum Peringatan Dr. TSUBOUCHI Syouyou Universitas Waseda” , situs yang mengumpulkan dokumen-dokumen tentang pertunjukan drama yang penting di Jepang, anda bisa mencari info di database tentang ukiyoe bergambar kabuki yang tersimpan di Museum tersebut. Setalah klik Search, masukkan saja kata kunci seperti “Kanadehon Chuushingura”, “Yoshitsune Senbonzakura”. Misalnya, jika anda masukkan kata kunci “ICHIKAWA Danjuurou” , akan muncul 2066 info. Dan anda juga dapat mengapresiasi “Galeri Kabuki Ukiyoe” yang menampilkan 60 buah karya ukiyoe, hasil seleksi dari 47.000 karya ukiyoe yang ada.

Di “Kabukibito” , situs bahasa Jepang yang dikelala oleh Shouchiku, bandar kabuki, terdapat berbagai info dan pengetahuan terkait dengan kabuki dalam berbagai artikel khusus dan rubrik. Situs ini juga penuh dengan wawancara pemain, informasi tentang episode sejarah kabuki, dan lain-lain.

Kalau wawancara panjang pemain seni tradisional seperti Kabuki, Noh & Kyogen dsb, anda bisa membaca di edisi lama situs “KENSYO” (arti judul majalah ini berasal dari “Kensyo”). “KENSYO” merupakan majalah tabloid yang diterbitkan 4 kali setahun.

Info terbaru kabuki dan seni tradisional lainnya, bisa anda dapatkan di situs halaman budaya harian umum. Harian Tokyo memiliki bagian info seni rakyat tradisional yang diangkat setiap minggu. Situs MNS Mainichi memiliki bagian kabuki di halaman seni dan pendidikan, dengan info dari koran Mainichi. Halaman tersebut terutama adalah tentang resensi acara kabuki.  Di situs “Kabuki Channel” , stasiun siar TV kabel yang menyiarkan pertunjukan kabuki, terdapat jadwal acara pertunjukan sehingga penonton dapat megentahui apa saja yang akan ditayangkan, walaupun tidak bisa menonton videonya secara langsung.

Di halaman “kabuki” di All About, terdapat banyak artikel orisinil yang ditulis langsung oleh ITSUKAWA Akiko, pemandu dan juga ahli kabuki. Selain berita, ada juga “Survei pemain favorit”, “pengetahuan dasar kabuki” dan lain-lain. Situs ini juga dilengkapi dengan berbagai tautan secara memadai.

Mengenai kabuki kampung yang diwariskan di beberapa daerah, bisa anda cari informasinya di “link kabuki / nouson kabuki link” secara detail.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s