Perempuan “long neck” Thailand

Posted: 5 Desember 2009 in KRONIK BUDAYA, Mozaik
Tag:

Suku ” Leher Panjang ” di Thailand !

Para wanita dari suku pedalaman Paudang, Thailand, serba berleher panjang. Sejak berumur sekitar 5 tahun, leher mereka dipasang gelang tembaga yang melingkar berlapis-lapis agar lehernya tumbuh memanjang. Jika mereka telah dewasa, panjang leher bisa mencapai 20 cm.

Kalung kuningan yang dikenakan sejak berusia lima tahun hingga meninggal dunia membuat jarak kepala dengan bahu perempuan long neck lebih jauh dibandingkan jarak kepala dengan bahu manusia normal. Leher yang (sekan-akan) dibuat panjang oleh kalung kuningan itulah yang menjadi ciri khas perempuan long neck.

Menurut mitos, asal-muasal para perempuan itu mengenakan kalung kuningan di sekujur leher adalah guna melindungi leher mereka dari serangan harimau buas yang dikirim roh musuh nenek moyang mereka. Konon, awalnya hanya bayi perempuan yang lahir pada Rabu malam saat bulan purnama bersinarlah yang kelak berhak mengenakan kalung kuningan itu. Cerita lain mengatakan, leher yang “panjang” membuat kaum lelaki mudah mengenali perempuan-perempuan mereka yang diculik musuh.

menurut ilmu kedokteran dan para ahli, kalau kalung kuningan itu dilepas maka leher mereka tidak bisa berdiri tegak alias semua tulang leher mereka udah patah semua karena dipaksa memanjang kayak gitu.hheemm…

VN:F [1.6.8_931]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s