Wisata Sejarah Terbaik di Jazirah Arab

Posted: 22 Mei 2012 in BUDAYA ARAB, BUDAYA DUNIA, Situs budaya
Tag:

TIMUR Tengah dan kawasan Arab kini kerap dihindari wisatawan karena rentan konflik politik dan sosial. Padahal, kawasan ini memiliki banyak tempat wisata yang berkembang dari kebudayaan dan peradabannya yang tua.

Simak ulasan beberapa destinasi wisata terbaik di Jazirah Arab, seperti dikutip Ibtimes:

Kota Tua Sanaa, Yaman

Sanaa, Ibu Kota Yaman ini berlimpah dengan monumen kuno serta situs sejarah. Kota ini juga merupakan situs warisan dunia yang menawarkan pesona dunia kuno, siap membawa Anda ke jalan-jalan kotanya yang dikelilingi tembok, bangunan kuno, pasar tradisional, salah satu masjid tertua di dunia, dan banyak lagi. Untuk memelajari budaya Islam melalui arsitekturnya, Anda dapat mengunjungi Masjid Al Saleh yang merupakan masjd terbesar di Yaman.

Selain Sanaa, yang wajib dikunjungi di Yaman adalah Pulau Socotra, terletak 380 kilometer sebelah selatan daratan Yaman. Pulau ini memiliki banyak spesies burung dan tumbuhan yang unik seperti pemandangan di planet lain.

Yordania

Negara yang berbatasan dengan Tepi Barat dan Israel ini berhasil meraih predikat 10 tujuan wisata teratas dunia dengan 16,88 persen suara. Tempat wisata di Yordania mengedepankan wisata sejarah dan arkeologi, dan yang paling terkenal adalah Petra. Petra adalah sebuah kota kuno yang diukir di dinding gunung dan merupakan bagian keajaiban dunia menakjubkan, yang menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya.

Sabratha & Leptis Magna, Libya

Sekira 60 kilometer dari sebelah timur Tripoli, terletak sebuah kota Romawi bernama Sabratha. Kota ini memiliki arsitektur Roma kuno yang bersejarah. Kemudian, 130 kilometer dari Ibu Kota Libya, terletak Leptis Magna, sebuah reruntuhan kota kuno. Kedua kota ini merupakan bagian dari sisa-sisa bangsa Romawi terbaik yang masih ada di dunia.

Reruntuhan Carthage, Tunisia

Situs arkeologikal Carthage merupakan kota perdagangan kerajaan Romawi berabad lalu, yang terletak di Tunisia. Reruntuhan ini meliputi pelabuhan, teater, serta pemandian Antonine, pemandian terbesar yang pernah dibuat Bangsa Roma.

Bahrain

Bahrain, terletak di dekat Teluk Persia, memiliki monumen, museum, benteng, dan arsitektur modern yang menggambarkan perkembangan budaya Arab. Bahrain merupakan salah satu negara yang paling sering dikunjungi di wilayah Arab. Situs-situs terkenal yang ada di Bahrain termasuk Benteng Bahrain (Qalat Al Bahrain) yang merupakan situs warisan dunia UNESCO, Museum Nasional Bahrain, dan banyak lagi.

Sumber : http://travel.okezone.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s