DIREKTORI

Ada beberapa link direktori yang mungkin bisa bermanfaat saat mencari blog dan web budaya walau masih belum rapih, tapi penyunting akan terrus mengumpulkan dan mendokumentasikan semuanya, semoga bermanfaat. Penyunting membagi kedalam link kategori budaya kontemporer, nusantara, budayawan, dunia dan lembaga budaya serta situs arkeologi dan kajian sejarah.

Web Link
UU No.5/1992 BCB

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.
Jenis file: PDF, Ukuran: 109 KB

 

 

 

PP No.10/1993 BCB
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 10 tahun 1993 tentang Pelaksanaan Undang-undang nomor 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.
Jenis file: Document, Ukuran: 110 KB

 

The Continuity of Megalithic Culture and Dolmen in Indonesia
The Continuity of Megalithic Culture and Dolmen in IndonesiaAgus Aris Munandar, DrDepartement of Archaeology Faculty of Humanities University of Indonesia
Jenis file: PDF, Ukuran: 111KB

 

Sumpah Palapa Cikal Bakal Gagasan NKRI
Makalah ini disajikan untuk “Seminar Naskah Kuno Nusantara dengan tema Nsakah Kuno sebagai perekat NKRI”, diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada Hari Selasa 12 Okotber 2004 di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jl. Salemba Raya 18, Jakarta Pusat.
KRT Dr. B. Pradiptonagoro
Jenis file: PDF, Ukuran: 324KB

 

A Handbook of Teori Arkeologi dan Cerita Rakyat
Archaeology and Folklore (Theoretical Archaeology Group Series)
Cerita rakyat dan arkeologi biasanya dianggap sebagai dua teori yang mengambil pendekatan sangat berbeda dari yang penting dan bersejarah tentang monumen kuno dan interpretasi terhadap kehidupan di masa lalu. Arkeologi dan Cerita Rakyat menjelajahi kompleksitas hubungan antara dua disiplin keilmuan untuk menunjukkan apa yang mereka dapat belajar dari satu sama lain.
Amy Gazin-Schwartz, Cornelius Holtorf
Jenis file: PDF, Ukuran: 8.9MB

 

Melacak jejak awal Indianisasi di pantai utara Jawa Tengah
Melacak jejak awal Indianisasi di pantai utara Jawa Tengah
Sofwan Noerwidi, Balai Arkeologi Yogyakarta
Jenis file: PDF, Ukuran: 999KB

 

Early Pleistocene 40Ar/39Ar ages for Bapang Formation hominins, Central Jawa, Indonesia
Early Pleistocene 40Ar/39Ar ages for Bapang Formation hominins, Central Jawa, Indonesia
Roy Larick et all
Jenis file: PDF, Ukuran: 700KB

 

UU No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya
UU No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Cagar Budaya adalah warisan budaya bersifat
kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama,dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.

 

Penjelasan Atas UU No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya
Pasal 32 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan bahwa “negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya” sehingga kebudayaan Indonesiaperlu dihayati oleh seluruh warga negara. Oleh karena itu, kebudayaan Indonesia yang mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa harus dilestarikan guna memperkukuh jati diri bangsa, mempertinggi harkat dan martabat bangsa, serta memperkuat ikatan rasa kesatuan dan persatuan bagi terwujudnya cita-cita bangsa pada masa depan.

 

Situs Arkeologi
Ilmu Arkeologi
Djulianto Susantio Blog
 

Jurusan Arkeologi UI
Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia

 

Jurusan Arkeologi UGM
Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Gadjah Mada

 

BP3 Bali
Situs Resmi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Bali Wilayah Kerja Provinsi Bali, NTB, dan NTT

Balai Arkeologi Yogyakarta
Balai Arkeologi Yogyakarta
 

Arupadhatu Indonesia
Arupadhatu Indonesia – Lestarikan warisan budaya Indonesia.

 

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia
Situs resmi Kementerian Kebudayan dan Pariwisata Republik Indonesia yang berisikan berita resmi kementerian, publikasi riset-penelitian, agenda kegiatan, dll

 

Budayaan Nusantara :

Direktori Budaya Nusantara Kebudayaan MelayuKebudayaan batak-Mandailingkebudayaan sundakebudayaan JawaSaung Angklung UjoMinang kabau community portalUlun Lampung BlogBudaya TionghoaSanggar seni Sumber saladar sunda

Pusat Budaya Dunia

Radio Streaming Budaya

Radio budaya Jawa

Blog budaya

Budaya wayang
Alang-alang kumitirKitab klasik

Komentar
  1. Fathonie AG berkata:

    Direktori seniman-budayawan se-Jakarta, se-Jabodetabek, se-Indonesia, perlu segera dilengkapi. Manfaatnya banyak. Tentu, prospek penghasilannya di masa depan juga banyak. Semoga cepat direspon dan diimplementasikan.

    Fathonie AG
    (atau Thonie AG)

    Suka

  2. Pluralisme, yang sudah menjadi agenda internasional, merupakan implementasi “Bhineka Tunggal Ika” dalam Pancasila, yang menjadi Dasar sekaligus Ideologi negara Republik Indonesia. Artinya, Indonesia harus menjadi teladan internasional dalam hal keberagaman atau pluralisme. Penghargaan dari PBB baru-baru ini pada (alm) Gus Dur, tokoh yang dianggap berjasa dalam hal kerukunan/toleransi beragama di Indonesia, menjadi momentum awal yang baik. Simak terus perkembangan pluralisme mancanegara melalui FB: Fathonie Abdullah Gafur. Dan, website ini saya sarankan segera aktif mensosialisasikan pluralisme global tersebut. Terima kasih. Fathonie atau Fathonie Abdullah atau Fathonie Abdullah Gafur atau Thonie AG (http://www.twitter.com/FathonieAG_News).

    Suka

Tinggalkan komentar